5 hal yang harus diketahui wanita tentang uang

Sudah lama tidak update blog free-financially ya. Banyak kesibukkan jadi saya jarang update blog ini.. Sibuk apalagi kalau bukan sibuk mencari uang dan sibuk membelanjakannya he he.. Karena itu kali ini blog ini mencoba memuat tentang 5 hal yang harus diketahui wanita tentang uang. Kamu tahu kan Wanita itu (termasuk saya juga :) ) dikenal sangat konsumtif, mulai dari makanan, pakaian, sampai perhiasan. Ada wanita yang sangat cerdas dalam memanfaatkan uang tapi ada juga yang melakukan kesalahan sehingga terlibat hutang yang memusingkan.

Kalau sampai berhutang dan boros tentu saja hal itu bisa memusingkan. Ada paling tidak lima hal yang harus diperhatikan untuk cerdas dalam memanfaatkan uang:

1. Melakukan pencatatan berapa banyak uang yang masuk dan keluar
Mencatat pengeluaran uang yang masuk dan keluar bisa membuat kita menghindari pemakaian uang yang tidak perlu.  Dari pencatatan kita bisa mengetahui untuk jangan sampai belanja melebihi pendapatan.

2. Menyiapkan uang cadangan untuk keperluan darurat
Menyimpan uang untuk keadaan darurat sangat perlu. Jadi jangan menghabiskan uang karena bisa jadi suatu saat kita membutuhkan uang untuk kecelakaan, sakit keras, memperbaiki kendaraan dsb.

3. Jangan berhutang kartu kredit
Sebisa mungkin jangan sampai deh berhutang apalagi memakai kartu kredit. Disamping bunganya yang bisa mencekik juga berurusan dengan debt kolektor tentu jadi bikin susah. Apalagi berhutang kartu kredit itu untuk keperluan konsumtif yang enggak perlu. jangan bayar cuma batas minimum ya, karena bunganya gede banget. hitung aja sendiri kalo ngak percaya.

4. Asuransi
Asuransi itu perlu. Ini untuk menjaga kita dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misal asuransi kesehatan. Kita tahu biaya rumah sakit sangat mahal karena itu dengan asuransi kesehatan kita bisa tenang sedikit kalau suatu waktu kita sakit dan butuh ke rumah sakit. Kita sih jangan berharap sakit tapi kejadian kan tidak bisa terduga.

5. Perencanaan Pensiun
Umur kita makin lama makin tua dan suatu saat kita kan makin tua dan pensiun juga kan. Jadi kita harus menyiapkan uang kita untuk pensiun nanti.

Itu 5 hal yang penting tentang uang, simple tapi insya Allah banyak gunanya. Be smart in using your money.

Related Posts:

14 Responses to "5 hal yang harus diketahui wanita tentang uang"

  1. trims sharenya.....
    Begitulah wanita jk pegang uang ns lupadiri hehe

    ReplyDelete
  2. asalamualaikum
    sip saya setuju tu yang no 3
    pengalaman punya kartu kredit tidak pernah dipakai saja tetap bayar admin setiap bulan apalagi bila berhutang,makanya saya tutup saja.

    ReplyDelete
  3. bukan cuman wanita sih sebanarnya, pria juga harus tahu. hhee.. tapi yang peling penting memang adalah wanita sang bendahara keluarga :D

    ReplyDelete
  4. setuju, karena wanita adalah bendahara keluarga, kalau ngga pandai memenej bakal bangkrut deh sang suami...kalau sudah bangkrut...setres deh

    ReplyDelete
  5. hahaa, saya lemah disini.. walau basic study saya akuntansi ternyata tidak menjamin :p

    ReplyDelete
  6. Berhubung aku wanita artikel ini berguna banget!.. thanks yaa :)

    ReplyDelete
  7. Terima kasih sahabat atas berbagi pengetahuannya ini.
    Istri perlu tahu yang seperti ini nih

    ReplyDelete
  8. Wanita memang paling ngerti kalau bagian keuangan... hehe..

    ReplyDelete
  9. soal pengeluaran mamih yang paling hebat ngaturnya :)

    ReplyDelete
  10. Tips yang sangat bagus... Kunjungi balik ya blogku di: http://www.sharking.tk/

    ReplyDelete
  11. asuransi ada. catat pengeluaran sudah. hehhee...tks for share

    ReplyDelete
  12. Wanita adalah tempat pendaringan laki2 makanya pengetahuan tentang uang sangat di perlukan.

    ReplyDelete
  13. kren haha semoga ajah banayak wanita yang baca haha
    nice info

    ReplyDelete
  14. berarti asuransi itu penting ya. tapi ko buat saya masih terdengar kurang familiar ya atau mungkin saya saja yang ndeso hehehe :D

    ReplyDelete