Air Asia sekarang melayani penerbangan Jarak Jauh

Kisah sukses pemilik Air Asia
Tony Fernandes

Tony Fernandes sebelumnya bekerja di industri musik, ketika industri musik gagal beradaptasi dengan internet, Tony Fernandes memutuskan untuk berhenti bekerja.
Dia meninggalkan pekerjaannya untuk mewujudkan impian masa kecilnya, membangun maskapai penerbangan murah pertama di Asia.

Fernandes membeli Air Asia dari pemerintah Malaysia pada September 2001 Walau Fernandes tidak memiliki pengalaman menjalankan perusahaan penerbangan, untungnya ia memiliki tim pemasaran yang handal.Potensi pasar ini menjadi incaran Fernandes dan perusahaan ini terus berkembang.Harga tiket dipangkas 50%, maka akan banyak penumpang yg memilih Air Asia.

Tahun 2002, Air Asia memulai bisnis ini dengan dua pesawat dan sekarang memiliki 86 pesawat yang menerbangkan sekitar 30 juta orang ke seluruh dunia.

Setelah sukses dengan penerbangan jarak dekat, Air Asia memperluas jangkauan dengan melayani penerbangan jarak jauh dengan maskapai baru Air Asia X. Fokus perusahaan baru ini berbeda dengan Air Asia, satu untuk melayani rute penerbangan jarak dekat dan satu lagi untuk penerbangan jarak jauh.Walau manajemen perusahaan ini berbeda, tetapi prinsip perusahaannya sama yaitu efisiensi untuk mendapat keuntungan.

Mimpi Fernandes

Fernandes kecil belajar di sekolah asrama di Inggris Selatan. Keinginan untuk pulang ke kampung halamannya ke Malaysia di waktu liburan tidak dapat dilakukan karena harga tiket pesawat yang mahal. Sejak saat itu Tony Fernandes bermimpi untuk memiliki maskapai penerbangan yang Murah."Saya selalu bermimpi memiliki maskapai penerbangan jarak jauh yang murah," kata Fernandes. Mungkin Alasan ini juga menjadi penyebab mengapa penerbangan pertama Air Asia X adalah dari London ke Kuala Lumpur."Itu sangat menyentuh bagi saya 35 tahun kemudian," kata Fernandes.

Fernandes menerapkan gaya manajemen keliling.

Fernandes juga sangat mementingkan karyawannya.Fernandes mengatakan bagi dia karyawan adalah yang utama, kemudian nomor dua konsumen."Jika Anda memiliki pekerja yang bahagia mereka akan menjaga konsumen Anda.Anda bisa mendapatkan uang yang Anda inginkan di dunia ini, dan Anda bisa mendapatkan ide brilian tetapi jika anda tidak memiliki karyawan, lupakan saja," tandasnya.


Dia juga akan langsung terjun ke lapangan untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dihadapi karyawannya. "Jika Anda duduk di menara gading dan hanya melihat laporan keuangan, Anda akan melakukan kesalahan besar," kata Fernandes.

Selama beberapa hari dalam setiap bulan, dia akan bekerja di lapangan atau bersama awak kabin di pesawat.

Seorang Pemimpin yang patut ditiru.
Orang yang berhasil adalah orang yang mampu membuat orang disekitarnya juga berhasil.
dan dari kisah ini kita bisa belajar untuk tidak takut bermimpi walau itu kelihatan mustahil.

Related Posts:

0 Response to "Air Asia sekarang melayani penerbangan Jarak Jauh"

Post a Comment