Danau Toba itu Supervolcanoe?

Tulisan tentang Gunung-gunung di dunia membuat saya penasaran. Dalam web http://www.cotf.edu/ete/modules/volcanoes/vsizeserupt1.html dikatakan giant eruption ( ledakan raksasa) disebabkan oleh fissure eruption and giant caldera.
Saya cari deh di om google apa sih fissure eruption and giant caldera.



Dapat deh mengenai giant caldera di http://www.solcomhouse.com/yellowstone.htm. Web ini menceritakan ledakan yang dasyat yang pernah terjadi pada zaman dahulu sekitar 600 ribu SM. dan ternyata sekarang bentuknya danau. letaknya di USA.





Bentuknya danau, dan berdasarkan penelitian di bawah danau itu aktivitas magmanya diperkirakan sangat besar. seperti pada gambar.







yang paling mengejutkan di bagian bawah artikelnya ada tulisan giant caldera yang lain adalah Lake Toba. Danau Toba. Danau Toba termasuk Gunung berapi "Super" yang paling baru meletusnya dibandingkan Gunung super yang lain.


Ya Allah, maha besar engkau, danau yang begitu besar itu ternyata sebuah gunung berapi yang sangat besar kawahnya. Speechless saya bacanya. Antara Kagum sama ngeri. Tulisan ini sih tadinya tidak saya mau publish, takut dibilang nakut-nakutin, tapi saya hanya ingin berbagi saja.

Related Posts:

2 Responses to "Danau Toba itu Supervolcanoe?"

  1. hmmm..., kekaguman bercampur kengerian. sebaiknya kekaguman bisa mengaLahkan rasa kengerian tersebut. tidak perLu ada yang dikhawatirkan, sebab semua sudah ada yang mengatur. tinggaL bagaimana kita menjaga dan merawatnya, juga menikmatinya. adapaun kejadin ironis, kiranya berarti suatu keadaan yang harus di terima dengan Lapang dada.

    ReplyDelete
  2. subhanallah...
    sangat mencerahkan...

    ReplyDelete