Nilai jelek atau mencontek

Mau curhat dikit nih
ngak tau deh pada setuju atau nggak

tapi ini hasil analisa pribadi
belum terbukti dengan teori dan angket

Kerjaanku sebagai seorang pengajar, pada akhir penyampaian bahan pelajaran pasti ada tes. baik ulangan harian atau UTS atau UAS, kerjaan guru pasti sebagai pengawas.
Pekerjaannya mudah nggak terlalu ribet seperti merencanakan, menyampaikan bahan pelajaran.

Hal yang biasa ditemukan adalah kelakuan siswa yang berusaha untuk curang. Caranya macam2 mencontek, tanya ama temen dan banyak dilakukan agar mereka bisa menjawab soal yang mereka hadapi.

Dari mata mereka terlihat, mengawasi gerak-gerik guru. Sudah 15 menit, belum satu pun soal yang ada dihadapannya.

Miris banget, Sedih kok mereka ngak siap atau sama sekali nggak belajar.

Dan yang lebih meyedihkan , pelajar yang melakukan hal ini orangnya itu-itu juga.

Mau jadi apa ya mereka?

Kalau yang dipake untuk berpikir adalah sikap guru otoriter maka adanya rasa marah, marah karena mereka melanggar aturan.
Aku coba berpikir lebih bijak, ada rasa kasihan, rasa ingin menolong tapi bukan dengan membiarkan mereka melakukan kesalahan. Apa sih penyebabnya mereka selalu ingin berbuat curang.

Aku belum tau apa yang harus dilakukan
Untuk saat ini aku hanya bisa berjanji, mereka harus diberi pemahaman.
Paham kalau belajar bukan hanya teori-teori, belajar juga adalah belajar bagaimana menjadi manusia yang mempunyai nilai di depan manusia lain dan dihadapan Tuhan.

Mereka kadang tidak paham apa sih sebenarnya yang baik dan buruk.
kenapa mereka tidak boleh mencontek?
Mereka nggak sadar kalau mereka belajar untuk menghalalkan segala cara.
Belajar untuk siap menghadapi apapun.
Belajar untuk sadar akan kemampuan diri sendiri dan percaya diri.

Oh, murid - murid ku
Aku sangat berharap banyak dari kalian
Makanya rasa sedih itu terlihat seperti marah
Tapi nggak ada rasa benci
yang ada hanya merasa kehilangan harapan

Kalian masih sangat muda
Aku harap aku punya waktu banyak untuk bercerita tentang hidup ini
Aku harap aku bisa meyakinkan kalian
Hidup ini bukan mencari nilai yang bagus
Hidup ini mencari nilai hidup yang baik
Yang berguna bagi semua orang supaya kalian bisa bahagia.

Amin ....

Related Posts:

2 Responses to "Nilai jelek atau mencontek"

  1. masalah yg pernah sy hadapi jg...
    solusi yg saya lakukan adalah dengan:
    1. melihat sikap harian, kenali siswa
    2. poin utk yg punya keberanian mengerjakan/menjawab pertanyaan secara langsung (kuis)di setiap session ngajar.
    3. beri sanksi yg jelas bagi yg ketahuan nyontek.

    soo, point 1, sebagai nilai katrol; point 2, sebagai nilai tambah (bila 1 kali menjawab dp nilai 5, maka nilai tsb ditambahkan pada nilai uts atau uas, tergantung pelaksanaannya atau sesuai perjanjian); point 3. tidak ada ampun, buat perjanjian....

    maaf bukannya menggurui...tapi it trik sy dulu waktu ngajar di perti swasta....hasilnya lumayan, siswa jd giat (tp klo dasarnya malas tetap malas) dan tanpa menyontek pun nilai sudah baik, karena mereka berpacu belajar utk mendapat nilai kuis.....

    ReplyDelete
  2. wah,cek gu ternyata,,
    profesi yg mulia,,
    semangat guru,smg hidupnya barokah,amin2,, =)

    ReplyDelete