Nilai jelek atau mencontek

Mau curhat dikit nih
ngak tau deh pada setuju atau nggak

tapi ini hasil analisa pribadi
belum terbukti dengan teori dan angket

Kerjaanku sebagai seorang pengajar, pada akhir penyampaian bahan pelajaran pasti ada tes. baik ulangan harian atau UTS atau UAS, kerjaan guru pasti sebagai pengawas.
Pekerjaannya mudah nggak terlalu ribet seperti merencanakan, menyampaikan bahan pelajaran.

Hal yang biasa ditemukan adalah kelakuan siswa yang berusaha untuk curang. Caranya macam2 mencontek, tanya ama temen dan banyak dilakukan agar mereka bisa menjawab soal yang mereka hadapi.

Dari mata mereka terlihat, mengawasi gerak-gerik guru. Sudah 15 menit, belum satu pun soal yang ada dihadapannya.

Miris banget, Sedih kok mereka ngak siap atau sama sekali nggak belajar.

Dan yang lebih meyedihkan , pelajar yang melakukan hal ini orangnya itu-itu juga.

Mau jadi apa ya mereka?

Kalau yang dipake untuk berpikir adalah sikap guru otoriter maka adanya rasa marah, marah karena mereka melanggar aturan.
Aku coba berpikir lebih bijak, ada rasa kasihan, rasa ingin menolong tapi bukan dengan membiarkan mereka melakukan kesalahan. Apa sih penyebabnya mereka selalu ingin berbuat curang.

Aku belum tau apa yang harus dilakukan
Untuk saat ini aku hanya bisa berjanji, mereka harus diberi pemahaman.
Paham kalau belajar bukan hanya teori-teori, belajar juga adalah belajar bagaimana menjadi manusia yang mempunyai nilai di depan manusia lain dan dihadapan Tuhan.

Mereka kadang tidak paham apa sih sebenarnya yang baik dan buruk.
kenapa mereka tidak boleh mencontek?
Mereka nggak sadar kalau mereka belajar untuk menghalalkan segala cara.
Belajar untuk siap menghadapi apapun.
Belajar untuk sadar akan kemampuan diri sendiri dan percaya diri.

Oh, murid - murid ku
Aku sangat berharap banyak dari kalian
Makanya rasa sedih itu terlihat seperti marah
Tapi nggak ada rasa benci
yang ada hanya merasa kehilangan harapan

Kalian masih sangat muda
Aku harap aku punya waktu banyak untuk bercerita tentang hidup ini
Aku harap aku bisa meyakinkan kalian
Hidup ini bukan mencari nilai yang bagus
Hidup ini mencari nilai hidup yang baik
Yang berguna bagi semua orang supaya kalian bisa bahagia.

Amin ....

Related Posts:

Kenali diri Sendiri

Apa sih bedanya orang yang merasa dirinya biasa- biasa aja sama orang yang merasa dirinya punya arti.

Berat untuk di bahas tapi lagi pengen bahas ni..

Sebelumnya saya selalu ngak merasa nyaman ama diri sendiri, nggak pd lah

merasa selalu berada di dunia yang cukup, nggak merasa harus berbuat lebih.

pokoknya jadi orang yang nggak PD deh.

Ada kata-kata dari Mario teguh yang buat aku tersadar, nggak inget sih secara detailnya tapi aku coba deh. Kita tuh lebih berharga dari apa yang dianggap orang.

Semua itu dimulai dari pikiran, kalo kita menganggap diri kita kecil, mau di atur ama orang lain dari segi apa saja maka jadilah kita seperti anggapan mereka. Tapi kalau kita dalam pikiran kita sudah tertanam kita bukan orang lemah, kita bisa melakukan yang apa yang kita mau lakukan. Perkataan orang itu cuma sekedar kata2. nggak penting.

Dari satu kalimat itu mulai deh ada rasa pengen berubah, rada cuek ama anggapan orang, mau berbuat lebih dengan melakukan bisnis. Bismillah untuk memulainya. Apa yang saya temukan....

Ternyata saya nggak PD karena saya belum kenal ama kelebihan diri sendiri, yang saya liat cuma kelemahan aja. Ngak ada perkembangan deh dari diri pribadi saya.

Bisnis ini bukan cuma mengubah cara saya bekerja tapi juga cara berpikir bahwa kelemahan bukan untuk terus dipupuk tapi harus dijadikan acuan untuk mengembangkan kelebihan yang kita punya.

Kalau kita dapat mengenali diri sendiri kita dapat menentukan apa yang kita lakukan dengan kemampuan yang paling optimal.

Related Posts:

Influence people


Muridku di Sekolah cerita bagaimana sebelnya dia sama Ayah, Ibu atau gurunya. Sebenarnya ceritanya kayanya simpel atau buat orang dewasa masalah kecil. "Sebel nih bu, masa akukan baru buka game abis dari tadi belajar mulu eh mamaku udah ngomel. Kok nggak belajar malah main game terus? aku jadi bt, males deh belajar lagi"

Apa sih yang salah sama Orang tua dan anak kalau kejadiannya seperti cerita di atas. Ngak ada yang Salah. Yang ngak benar cuma masalah komunikasi dan cara menyampaikan maksudnya.Kadang kita lupa menganggap anak juga punya perasaan, yang perlu dihargai dan dihormati.

Cerita di atas cuma cerita simpel tentang komunikasi yang baik, bagaimana kita bisa ngak menghormati orang lain, mendengarkan pendapat mereka tanpa harus emosi dulu. Cobalah mendengarkan orang lain sebelum kita bicara dengan mereka. Mulailah dari yang mereka minati atau senangi. dan yang paling penting bicaralah dengan hati tulus, bicara demi kebaikan mereka bukan untuk keuntungan kita.

Banyak hal menguntungkan kita akan datang dengan sendirinya jika kita dapat berkomunikasi dengan baik, sebagai Ibu, Guru, Karyawan, Bisnisman atau apapun kita.

Related Posts:

Impian yang Konkret

Bulan baru, banyak juga kegiatan baru dan harapan baru.

Seorang teman menulis jika kita punya impian jangan cuma ingin jadi orang kaya, ingin terkenal, ingin pintar. Impian harus jelas bentuknya.
Misalnya punya mobil baru dengan merek apa misalnya mercy, punya rumah di PI atau ingin jadi artis sinetron, jadi politikus. Impiannya nyata bentuknya bukan cuma hayalan. Jika perlu tetapkan tanggalnya. kapan hal ini akan terlaksana.
Rada extreem ya.

Semua motivator yang buat seminar selalu bilang jadilah orang yang punya impian bukan orang yang selalu bermimpi. Ngerti ngak tuh. Kalau dicerna pake kata2 sendiri kira2 gini. Orang yang punya impian akan berusaha mencapai impiannya dengan cara apapun tapi orang yang selalu bermimpi hanya tidur terlelap sampai dia terbangun dan ngak dapat apa2 dari mimpinya itu.

Kenapa kita sebaiknya punya Impian yang konkret atau nyata? Agar usaha kita juga jelas atau kita mau berusaha untuk mendapatkan apa yang kita impikan. Ok ambil ilustrasi seperti ini kita mau punya mobil Xenia dalam waktu 3 tahun. Coba dihitung harga mobil Xenia.Kira2 120 juta (misalnya lho) berarti kalau kita ambil cicilan berarti sebulannya kira2 kita harus punya uang berapa (hitung sendiri deh). Orang yang keinginannya kuat akan berusaha punya penghasilan yang dapat membayar cicilan mobil ini.

Itu sekilas tentang kenapa orang harus punya Impian yang jelas. Bisakah kita bisa jadi orang yang punya impian karena orang seperti ini cuma ada sekitar 4% di dunia.
But we have to try first, not say no before we try.

Related Posts: